Press Release

press release adalah sebuah naskah yang dituliskan atau dibuat oleh praktisi HUmas ke pada media massa (cetak, elektronik) untuk disiarkan dan bertujuan untuk memberitahukan kegiatan yang telah dilaksanakan sebuah perusahaan atau lembaga/organisasi maupun pristiwa tertentu. Press release pada umunya ditulis tanpa berbau iklan, fakta dan netral.

dalam membuat sebuah Press Release, ada beberapa macam tahap. yakni pengumpulan unsur 5W+1H dan penulisan berita menggunakan piramida terbalik. adapun langkah  langkah yang dilakukan untuk membuat press release. Penulisan Press release pada umumnya sama dengan penulisan naskah berita pada surat kabar yang menggunakan Who, What, Where, When, Why, How (5W+1H). setelah menemukan unsur 5W 1H, langkah selanjutnya yakni menulis berita lengkap dengan piramida terbalik. piramida terbalik dalam penulisan press release yakni ada 3 bagian, yaitu judul, Lead dan Tubuh.

informasi yang paling penting dan memiliki nilai berita (dari 5W 1H) di letakkan pada Judul dan lead. lead yakni paragraf pertama yang ditulis setelah judul. kalimat penjelas yang belum di tulis pada judul dan lead tersebut di masukkan ke dalam tubuh. tubuh berita ini terletak setelah paragraf pertama berita press release. dalam menulis berita, diharuskan menjadi sebuah rangkaian yang menjadi satu. antara judul, lead dan isi harus saling bertautan. penulisan press release juga menggunakan kaidah jurnalistik, Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta memberikan fakta yang akurat terhadap berita yang dituliskan.

 

Tinggalkan komentar