Fungsi Humas

Untuk memperoleh hubungan yang harmonis dari sebuah pelaksanaan fungsi sebuah praktisi humas, menurut Cutlip & Center (dalam Soemirat & Elvinaro, 2010: 90)  pendekatan manajerial oleh praktisi humas  sepenuhnya mengacu pada proses Fact finding, planning, communicating, dan evaluation.

 

  1. Fact finding

Tahap ini adalah tahap dimana mencari serta mengumpulkan sebuah fakta atau data-data sebelum melakukan sebuah tindakan. Perusahaan melakukan pencarian informasi atau data yang dibutuhkan sehubungan dengan kualitas pelayanan yang diharapkan pelanggan.

2.      Planning

Dalam tahap ini, perusahaan menentukan tujuan berdasarkan fakta yang telah ditemukan lalu membuat rencana tentang apa yang harus dilakukan dalam menghadapi berbagai masalah itu. Fakta yang diperoleh ini digunakan untuk menyusun sebuah perencanaan tentang program berdasarkan GOAL yang akan dicapai.

3.      Communicating

Rencana yang disusun dengan baik sebagai hasil pemikiran yang matang berdasarkan fakta atau data kemudian dikomunikasikan atau dilakukan kegiatan operasional. Tahap ini yakni meliputi pelaksanaan program yang disusun untuk mencapai  hasil yang ditentukan oleh perusahaan.

4.      Evaluation

Tahap terakhir yakni mengadakan evaluasi tentang suatu kegiatan apakah tujuan sudah  tercapai atau belum. Hasil evaluasi ini menjadi dasar kegiatan PR berikutnya.

 

1 thoughts on “Fungsi Humas

Tinggalkan komentar