definisi public relations

Definisi public Relations  menurut Rex F. Harlow ( Cutlip dkk, 2006: 5) mangatakan bahwa Public Relations adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu, membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publiknya. Definisi lain menurut Cutlip, Center dan Brown (soemirat & Elvinaro, 2010: 14) menyebutkan PR adalah fungsi manajemen secara kusus yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan, dan kerjasama antara organisasi dengan berbagai publiknya  .

Dalam kedua definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi Public Relations atau Humas adalah suatu fungsi manajemen yang membantu, membangun dan mempertahankan hubungan dan kerjasama yang baik antara perusahaan/organisasi dengan public yang berkepentingan dalam perusahaan/organisasi tersebut. Upaya tersebut dilakukan oleh praktisi humas secara terencana dan terus-menerus.

Tinggalkan komentar