Program Studi Ilmu Komunikasi UII

Universitas Islam Indonesia adalah salahsatu Universitas Swasta yang terletak di Daerah Istimewa Yogayakrta. Kampus terpadu yang terletak di Jalan Kaliurang KM 14 ini mempunyai 8 fakultas. Diantaranya adalah Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Agama Islam, teknik sipil & perencanaannya, Teknologi Industri, MIPA,Kedokteran serta Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya adalah salah satu fakultas yang berkembang pesat di lingkungan Universitas Islam Indonesia. fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya atau FPSB mempunyai beberapa macam program studi. Diantaranya adalah Psikologi, Ilmu Komunikasi, Program Diploma 3 Bahasa Inggris dan Program Magister Psikologi. FPSB dulunya bernama fakultas Psikologi dengan satu Program Studi yaitu Prodi Psikologi lalu disusul dengan Program Magister psikologi. Ditahun 2004, Universitas Islam Indoensia mendirikan fakultas Ilmu Sosial dan Budaya yang memiliki satu program studi yakni Ilmu Komunikasi. namun pada tahun 2006, kedua fakultas itu digabung menjadi satu ditambah dengan program Diploma 3 Bahasa Inggris. Secara Resmi, terbentuklah Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya.
Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia memang tergolong masih baru, namun perkembangan yang dilakukan sangat pesat. Pendaftar dan calon mahasiswa baru yang ingin masuk Prodi Ilmu Komunikasi tidaklah sedikit, namun persediaan kursi bagi mahasiswa baru terbatas dan tidak semua orang dapat masuk dengan mudah tanpa lulus test. Prodi Ilmu Komunikasi memiliki 4 keunggulan. diantaranya adalah:

  1. memiliki konsentrasi menejemen media (yang pertama di Prodi Ilmu komunikasi se- Indonesia, sebuah konsentrasi yang mengintegrasikan kemampuan public relations, jurnalistik dan penyiaran sebagai disiplin profesional dan akademik Ilmu Komunikasi)
  2. memiliki Labolatorium yang memadai: lab. fotografi, lab. pers, lab. radio siaran komersial dan komunitas,lab. audiovisual yang lengkap dengan mini-theatre.
  3. memiliki jaringan dan relasikuat dengan asosiasi profesi komunikasi, industri jasa, komunikasi dan media massa yang akan menjadi pendukung proses akademik
  4. memiliki atmosfer akademik memacu krativitas mahasiswa melalui klub kepemimpinan (HIMAKOM) , minat dan bakat (Kompor.com, Galaxy, Print, diskusi dan penelitian) , kunjungan industri reguler dan pemagangan selama kuliah
  5. proses belajar mengajar mengadopsi cara belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa, sistem online pada sejumlah matakuliah. semua proses akademik berpadu dengan internalisasi ruh serta nilai-nilai keislaman UII.

 

sumber: buku panduan akademik FPSB program studi ilmu komunikasi 2009

Tinggalkan komentar